Bergeser ke Pontianak, H. Mahdi Resmi Jabat Wakil Ketua

A

Suasana pelantikan Wakil Ketua PA Pontianak
 

www.pa-mempawah.go.id || Kabar Berita

Pontianak – Setelah lulus fit and Proper test Calon Wakil Ketua Kelas 1A, mantan Ketua Pengadilan Agama (PA) Mempawah Drs. H. Mahdi, S.H, M.H didapuk menjadi Wakil Ketua PA Pontianak lewat Pengumuman Tim Promosi Mutasi Hakim di Lingkungan Badan Peradilan Agama (Badilag).

Hari Senin ini (26/07/2021), bertempat di aula Pengadilan Agama Pontianak Kelas 1A, akhirnya Drs. H. Mahdi, S.H., M.H. resmi dilantik dan disumpah sebagai Wakil Ketua PAPontianak Kelas 1A oleh Ketua PA Pontianak Drs. H. Nana Supiana, M.H. Pergeseran jabatan ini merupakan bentuk promosi bagi H. Mahdi setelah sebelumnya ia memimpun Pengadilan Agama Mempawah Kelas 1B. Dan sekatang ia akan menjadi pimpinan di Pengadilan yang kelasnya lebih tinggi yakni kelas 1A.

H. Mahdi telah menghabiskan baktinya di PA Mempawah sejak pertengahan tahun 2019. Kala itu beliau masuk ke PA Mempawah sebagai Wakil Ketua, tak berselang lama, sekitar satu tahun kemudian, H. Mahdi di promosikan lagi menjadi Ketua PA Mempawah sebagai suksesor Dra. Hj. Taslimah, M.H  Ketua kala itu sampai dengan sekarang.

Seluruh punggawa PA Mempawah mengucapkan selamat atas dilantik dan disumpahnya H. Mahdi. Seperti yang diutaraan oleh salah seorang Hakim PA Mempawah Suraida, SHI

Kami mewakili seluruh pegawai PA Mempawah mengucapkan selamat atas telah dilantiknya Drs. H. Mahdi, S.H, M.H sebagai Wakil Ketua PA Pontianak Kelas 1A. Semoga dengan kedatangan Pak Mahdi, PA Pontianak bisa lebih maju lagi” Tanda alumni IKA Hasyim Asy’ari Jombang ini.

Bagi H. Mahdi sendiri sejatinya bukan orang baru di PA Pontianak. Karena sebelumnya ia pernah dua kali menjadi Hakim di PA Pontianak yakni pada tahun 2010-2013 dan 2017-2019. (TRS)

Selesai Magang di Pengadilan Agama Mempawah, Mahasiswa IAIN Pontianak Sampaikan Terima Kasih

WhatsApp Image 2021 07 25 at 08.11.58

KABAR BERITA || www.pa-mempawah.go.id

Mempawah, Jum'at (23/07/2021) hampir 2 bulan lamanya tepatnya dari tanggal 2 Juni s/d 23 Juli 2021 mahasiswa IAIN Pontianak melaksanakan magang di Pengadilan Agama Mempawah. Kuliah tidak hanya sebatas belajar di dalam ruangan kelas yang dibimbing langsung oleh tenaga pengajar profesional. Kuliah juga bukan hanya menjalin hubungan pertemanan dan mengikuti berbagai organisasi kampus. Tapi di dalam kuliah, terdapat juga program magang. Magang itu sendiri merupakan sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk merasakan langsung seperti apa dunia kerja. Tujuannya tentu saja untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Tidak heran, magang menjadi salah satu syarat kelulusan di beberapa universitas, termasuk di IAIN Pontianak

Selama pelaksanaaan magang ini Mahasiswa IAIN dari Prodi Hukum Keluarga Islam dan Hukum Ekonomi Syariah yang terdiri dari 4 orang ( Bella, Saniyah, Restu dan Reza ) dibimbing oleh Hakim Taufiq Rahayu Syam, S.HI., M.SI yang didampingi 2 Tutor yang berasal dari Kepaniteraan Khairunnisa, S.Ag dan Kesekretariatan Hesti Yanuarti, ST. Dengan magang ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal dunia kerja di Pengadilan Agama Mempawah.

Dalam penjemputan mahasiswa IAIN Pontianak ini, mahasiswa dijemput oleh Kabag kemahasiswaan IAIN Pontianak Bapak Nurriahman, MH, dalam sambutannya beliau berterima kasih kepada Pengadilan Agama Mempawah yang telah memfasilitasi mahasiswa IAIN Pontianak untuk magang disini. Kemudian Pada Penutupan Ketua Pengadilan Agama Mempawah, Drs. H. Mahdi, S.H., M.H mengucapkan terima kasih juga kepada mahasiswa semoga kegiatan magang ini dapat menambah ilmu dan pengalaman mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Tak lupa pada akhir pertemuan Ketua PA Mempawah memberikan sertifikat kepada mahasiwa IAIN Pontianak. (Hesti)

 

Pelaksanaan Qurban di Pengadilan Agama Mempawah

WhatsApp Image 2021 07 25 at 07.47.22

KABAR BERITA || www.pa-mempawah.go.id

Mempawah, Hari Raya Idul Adha 1442 jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan sesuai syariat Islam, termasuk kriteria hewan yang disembelih. Penyembelihan hewan qurban berlangsung dalam waktu tiga hari, yakni pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Pengadilan Agama Mempawah melaksakanakn penyembelihan hewan qurban pada hari Kamis (22/07/2021). Penyembelihan qurban ini dilaksanakan di area rumah dinas Ketua Pengadilan Agama Mempawah.

Pada tahun ini hewan qurban yang akan dibagikan kepada yang berhak sebanyak 1 ekor sapi. Distribusi hewan kurban ini dibatasi dengan cara pendistribusian melalui pegawai PA Mempawah. Hal ini untukmenghindari kerumunan massa dimasa pandemi COVID 19 ini.

 

Sosialisasi Pakaian Dinas ASN & Mekanisme Pelaksanaan Survei ZI Menuju WBK/WBBM

WhatsApp Image 2021 07 15 at 12.52.551

KABAR BERITA || www.pa-mempawah.go.id

Mempawah, Kamis (15/07/2021) Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Mempawah mengikuti Sosialisasi Pakaian Dinas bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dan Mekanisme Survei Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Kegiatan ini dilaksanakan melalui zoom meeting.  Pada kegiatan ini

Hasil Sosialisasi PDASN di Lingkungan MA dan Badan Peradilan di Bawahnya tanggal 15 Juli 2021

  1. Keputusan SEKMA Nomor 588/SEK/SK/VI/2021 Tanggal 17 Juni 2021 ttg Pelaksanaan PDASN hanya berlaku untuk PNS dan CPNS (termasuk Petugas PTSP), sedangkan PPNPN dapat menyesuiakan, khusus Petugas Keamanan menyesuaikan instruksi POLRI.
  2. Untuk YM para Hakim saat ini masih berlaku Keputusan SK KMA Nomor KMA/033/SK/VI/2004, jika berkenan menggunakan sesuai SK Sekma tsb dipersilahkan, saat ini Peraturan terbaru pakaian dinas Hakim akan dibahas lebih lanjut dan menunggu penelitian dari Balitbang Diklatkumdil MA
  3. Keputusan SEKMA ttg PDASN ini mulai digunakan pada hari Senin tanggal 19 Juli 2021 sudah mulai menggunakan pakaian yg tertuang pada lampiran dan jadwal pemakaian PDASN walaupun pada saat ini baju putih pada masing² satker sudah ada dan belum sesuai dengan Keputusan SEKMA dapat dikenakan sambil menunggu anggaran tahun 2022 untuk diusulkan pakaian dinas sesuai Keputusan SK SEKMA tersebut;
  4. Atribut² PIN Organisasi Kelembagaan (IPASPI) bisa dipergunakan di bagian kerah baju sebelah kiri dan PIN MA (dari logam) dikenakan di dada diatas kantong saku sebelah kiri serta sebelah kanan PIN WBK/WBBM (bagi satker yg sudah memperoleh predikat tersebut)
    5. Penggunaan baju olahraga untuk hari Jum'at pagi masih diperbolehkan;
    6. Hari Selasa dan hari Rabu seluruh ASN di MA dan Badan Peradilan di Bawahnya tetap menggunakan Pakaian Dinas Harian (PDH) sesuai Keputusan SK KMA nomor KMA/033/SK/VI/2004;
    7. Hari Kamis dan hari Jum'at untuk seluruh ASN di MA dan Badan Peradilan di Bawahnya menggunakan Batik/Tenun/Lurik serta pakaian khas daerah.

Bebrapa catatan lainnya :
Saat ini kita "setarakan" jabatan Panitera dan Panitera Muda sama dgn jabatan Strukrural (kenapa demikian dikarenakan pada SK KMA 033/2004 belum menyebutkan dan pengaturan jabatan Fungsional serta regulasi pada nomenklatur nya disesuaikan).

Sedangkan Panitera Pengganti, Jurusita, JSP di Tk Pertama kita seragamkan memakai pakaian Hijau Muda untuk atasan dan Hijau Tua untuk bawahannya sama dgn para Pelaksana dan PPNPN (sesuai pada lampiran SK KMA 033/2004).

Akan tetapi untuk para Panitera Pengganti yg berada di Tk Banding disesuaikan kembali dgn keputusan dr para Ketua Tk Banding nya.

Kunjungan Mahasiswa STAIMA di Pengadilan Agama Mempawah

WhatsApp Image 2021 07 08 at 16.29.41

KABAR BERITA || www.pa-mempawah.go.id

Kamis, 8 Juli 2021 Pengadilan Agama Mempawah menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah.Pagi ini dengan dibimbing oleh Pembimbing STAI Mempawah Drs. H. Yusuf Was Syarief, SH., MH, 16 mahasiswa Peserta Praktikum  STAI Mempawah Prodi Hukum Ekonomi Syariah mengikuti acara pembukaan kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Mempawah Hj. Andriani, S.Ag.

Kegiatan pembelajaran terjun langsung di lapangan ini dimulai dengan bagaimana cara pendaftaran perkara samapi dengan pengarsipan perkara. Kegiatan ini berlangsung sekitar 3 jam. Mahasiswa dipersilahkan untuk melihat pelayanan apa saja yang ada di Pengadilan Agama Mempawah dan proses persidangan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi ilmu bagi Mahasiswa STAI Mempawah. (Hesti)

Pencarian

download di sini

   formulir 01

formulir 02

formulir 03

 header1

ppid pta ptk

PPID kalbar

bnr ppid mempawahkab

kalbarprov

kab mempawah

bnr komisi informasi pusat

bnr komisi informasi kalbar

Alamat dan Kontak

PPID PENGADILAN AGAMA MEMPAWAH

Jalan Raden Kusno No.39,

Kecamatan Mempawah Hilir

Kabupaten Mempawah,

Provinsi Kalimantan Barat

 

Telepon    : (0561) 691430

Whatsapp : 0813 5002 6955

Email        : ppid.pamempawah@gmail.com

Jam Operasional :

Senin - Kamis : Pukul 08.00 - 16.30 Wib

Istirahat           : Pukul 12.00 - 13.00 Wib

Jum'at              : Pukul 08.00 - 17.00 Wib

Istirahat            : Pukul 11.30 - 13.00 Wib

Sosial Media

Peta

Data Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Total
62
53
393
393
4692

Online (15 minutes ago):15
©2021 PA Mempawah. All Rights Reserved.

Pencarian